Kamis, 12 Januari 2012

Kain Sebagai Penganti Kertas Kado dan Gift Box



Tahukah Anda bahwa setiap jamnya dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup umat manusia.  Salah satunya adalah pembuatan kertas.  Kertas, tidak bisa dipungkiri dibutuhkan kapanpun, siapapun & dimanapun kita berada.  Coba lihat disekitar kita – baik di rumah, ataupun kantor, mungkinkah tidak ada kertas disana?  Buku, majalah, brosur, tagihan, bisa jadi hadiah ulang tahun yang belum sempat dibuka.  Dengan apa kita membungkusnya?  Betul, kertas kado.
Ketika memberikan (atau menerima) hadiah, bukankah kita membungkusnya agar terlihat rapi dan cantik dengan kertas kado dan seringkali pula kita membuang kertas pembungus bercorak indah itu begitu saja.  Begitu juga halnya dengan kotak kado (gift box), dan sering kali gift box menumpuk di gudang rumah kita hingga nantinya menjadi sampah. Tanpa disadari, sesungguhnya kita telah melakukan dua pemborosan.  Uang dan kertas.
Bayangkan kertas kado dan gift box akan terbuang percuma, padahal sebelum memilih pembungkus hadiah itu, kita sesuaikan dengan orang yang kita ber hadiah. Membeli pembungkus hadiah untuk suami tercinta, tentu berbeda dengan kertas kado untuk si buah hati. Untuk sahabat baik ataupun untuk ibu kita; hadiah untuk atasan kita atau untuk tim kerja kita. Harga kertas kado memang lebih murah dibandingkan gift box yang berkisar antara Rp. 50.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Namun apa gunanya kalo nantinya berakhir ditempat sampah juga.
Nah, bila kertas pembungkus hadiah (kertas kado/gift box) kita ganti dengan kain, kita dapat mengkreasikannya seperti gambar dibawah ini;
Doc: Sari jenaf


Doc: Sari Jenaf
Doc: infoinfo23.blogspot.com






Doc:gmcblogs.wordpress.com

Kain tersebut tentu tidak akan dibuang oleh si penerima. Dia bisa menyimpannya dan digunakan untuk keperluan lain seperti sapu tangan, scraft, taplak meja , dll.
Dengan menggunakan kain sebagai pembungkus, kita tidak hanya membantu kelangsungan bumi tetap nikmat untuk ditinggali dan juga Jika kain yang kita gunakan bercorak batik dan tenunan, akan membantu melestarikan budaya bangsa.  Tenun, batik, sarung, bukankah merupakan kerajinan/budaya yang perlu kita lestarikan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar