Selasa, 17 Januari 2012

Ichinogami (Pengembangan dari Origami dan Kirigami)


Origami ( 折り紙,  ori berarti "melipat", dan Kami berarti "kertas"; perubahan Kami menjadi gami karena morphophonologi) . Origami adalah seni melipat kertas tradisional Jepang, yang dimulai pada abad 17 dan dipopulerkan keluar Jepang pada pertengahan 1900-an yang kemudian berkembang menjadi suatu bentuk seni modern.
Tujuan dari origami ini adalah untuk mengubah satu lembaran kertas yang datar dengan teknik melipat sehingga menjadi suatu bentuk benda (baik benda1 dimensi/2 dimensi/3 dimensi) tanpa mengunting dan mengelem. Dengan berbagai macam tutorial origami, kita bisa membuat berbagai maca model origami seperti; aneka buah, sayur, hewan, rumah, alat transportasi, orang, dll.

                                            Gambar 1. Origami Bunga Tulip
Doc: Sari Jenaf

Lain halnya dengan Kirigami ( 切り紙) adalah bentuk variasi lanjutan dari origami yang mencakup pemotongan kertas (dari Jepang "kiru" = untuk memotong, "Kami" =kertas ). Hal ini juga disebut "Kirie" (切り ). Kirigami dimulai dengan melipat kemudian digunting dan dibuka kemudian diratakan. Kirigami biasanya simetris, seperti bunga, pentagram, dll.

                                           Gambar 2. Kirigami

Sedangkan Ichinogami/Pepakura adalah seni menggunting dan melipat dari bahan kertas menjadi sebuah bentuk objek 3 dimensi. Ichinogami merupakan pengembangan dari origami dan kirigami, tidak hanya melipat dan  mengunting saja, disini lebih ditekankan kepada hasil pembentukkan pepakura yang akan dibuat. Berbeda dengan origami yang menggunakan 1 lembar kertas, Ichinogami menggunakan beberapa lembar kertas.
Ichinogami mempunyai banyak jenis, sesuai dengan tingkat kesulitan, sama halnya dengan origami. Untuk tingkat pemula disebut dengan Hako, yaitu sebuah model yang berbentuk kotak atau kubus. Kemudian  ada yang berbentuk blok seperti rumah Jepang. Sedangkan yang paling sulit adalah berbentuk kurfa seperti karakter kartun Jepang.

Sejarah Perkembangan Ichinogami/Pepakura/Papercraft
Menurut Wikipedia, Papercraft/Paper model/Paper replika  dicetak secara umum di majalah pada awal abad ke-20. Popularitas paper model menggelegar selama Perang Dunia II, ketika kertas adalah salah satu bahan yang digunakan dan mudah untuk diproduksi.
Paper model sangat populer di tahun 1941 dengan model kendaraan perang atau bangunan di Amerika Serikat, Inggris dan Eropa, kemudian berkembang pesat di Jepang hingga muncul generasi baru selain paper model, yaitu “pepakura”,merupakan miniature dari kertas yang tidak mempunyai skala dan modelnya pun tidak hanya berupa bangunan dan kendaraan saja, ada juga model manusia, binatang, tokoh kartun, robot bahkan makanan. Pepakura juga dikenal dengan istilah “Ichi no gami”.

                                                                  Gambar 3. Ichinogami


       Ichinogami merupakan bagian sederhana dari rapyd prototyping, menggunakan Model 3D melalui aplikasi google sketchup, blender 3D, maya 3D, autocad, dll yang diunfold ke kertas kemudian dirakit. Ichinogami dapat digunakan untuk karakter modeling, arsitektur, packaging, interior design, arsitektur, dll.

Alat dan Bahan untuk membuat Ichinogami/Pepakura/Papercraft
1.   Desain Ichinogami/Pepakura/Papercraft
Untuk desain kita dapat mencari di  internet, seperti link berikut:
2.   Kertas
Gunakan kertas art carton 164-216 gram atau seperti kertas foto agar hasilnya lebih maksimal.
3.   Printer dengan tinta berwarna
Gunakan printer yang menghasilkan warna yang bagus dan tidak luntur, seperti Fuji Xerox Docuprint.
4.   Gunting
Pilihlah gunting yang berukuran kecil dan berujung lancip.
5.   Lem
Pilih lem yang cepat kering dan tidak meninggalkan bekas pada saat kering , seperti lem kayu FOX
6.  Cotton bat/tusuk gigi
Berguna untuk mengambil atau mengoleskan lem dibagian sisi dalam desain.
7.   Pinset
Untuk mengerjakan pekerjaan yang detail dan rumit
8.   Cutter/pen cutter
Berfungsi untuk membuat daerah lipatan pada Papercraft sehingga dapat dengan mudah dilipat, sangat membantu dalam membangun Papercraft  dengan tipe detail / rumit dan berukuran kecil.
9.   Penggaris besi
Berfungsi untuk membuat sketsa garis lipatan ichinogami agar lebih rapi, bisa digantikan dengan benda lain (yang penting rata dan lurus)
10.  Cutting Mat ( tidak terlalu diutamakan).


Keuntunggan dari ichinogami:

  1. Material mudah didapat
  2. Dapat menggunakan kertas yang berteksture, tipis, tepal, licin dan tahan air
  3. Harganya murah.

Kelemahannya:

  1.  Bentuk yang terbatas, tidak terlalu banyak polygon
  2.  Handycrafted, tergantung kepada kerapian dan ketelitian perakitan.

Harga sebuah ichinogami berkisar antara Rp. 100.000,- sampai  Rp. 15.000.000,-, tergantung kepada desain, material yang digunakan serta proses perakitannya.

Manfaat Ichinogami:
1.       Melatih logika dan daya bayang ruang/3 dimensi ( Kecerdasan spatial)
2.       Melatih motorik halus
3.       Mengembangkan kreativitas
4.       Mengasah kepekaan terhadap seni
5.       Melatih ketekunan serta ketelitian

Software Untuk Membuat Ichinogami/Pepakura
Gunakan Pepakura Designer.
Pepakura Designer, ini adalah software pembuat Papercraft, Software ini dikembangkan oleh orang Jepang dan telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Pepakura Designer dapat digunakan di Windows 7/Vista/XP/2000

Format 3D yang disupport:
  • Metasequoia (mqo)
  • Wavefront (obj)
  • AutoCAD 3D (dxf)
  • 3DS Max (3ds)
  • Lightwave (lwo)
  • Binary/ASCII STL (stl)
  • Google Earth4 (kml, kmz)
  • Collada (dae).

Ditulis oleh Sariati (Sari Jenaf) sebagai tugas matakuliah Creative Industry (Materi: Ichinogami), S2 Creative & Media Enterprise IKJ - IDS



Sumber:

3 komentar: